Surabaya, Jawatimur

info@hsttse.ac.id

(031) 8567 440

Contoh soal bahasa indonesia kelas 4 sd dan kunci jawaban

Mengasah Kemampuan Berbahasa: Contoh Soal Bahasa Indonesia Kelas 4 SD Beserta Kunci Jawaban Lengkap

Pendahuluan

Bahasa Indonesia adalah jendela dunia bagi setiap anak bangsa. Sebagai bahasa nasional, penguasaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar merupakan fondasi penting bagi proses belajar di semua mata pelajaran, serta komunikasi sehari-hari. Di kelas 4 Sekolah Dasar (SD), siswa berada pada tahap penting untuk mengukuhkan pemahaman dasar dan mengembangkan keterampilan berbahasa mereka. Mereka mulai diajak untuk berpikir lebih kritis, memahami bacaan yang lebih kompleks, menulis dengan struktur yang lebih teratur, dan menggunakan kosakata yang lebih bervariasi.

Artikel ini bertujuan untuk menyajikan kumpulan contoh soal Bahasa Indonesia kelas 4 SD yang mencakup berbagai aspek keterampilan berbahasa, mulai dari membaca, menulis, tata bahasa, hingga pemahaman kosakata. Setiap bagian soal akan disertai dengan kunci jawaban yang lengkap, serta penjelasan singkat bila diperlukan. Harapannya, artikel ini dapat menjadi panduan yang berguna bagi siswa untuk berlatih, orang tua untuk mendampingi, dan guru untuk mengevaluasi pemahaman siswa.

Contoh soal bahasa indonesia kelas 4 sd dan kunci jawaban

Mari kita selami lebih dalam materi Bahasa Indonesia kelas 4 SD melalui contoh-contoh soal berikut.

I. Membaca Pemahaman (Membaca)

Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam memahami isi teks, menemukan informasi tersurat dan tersirat, serta menentukan gagasan utama atau pesan moral dari sebuah bacaan.

Bacalah teks berikut dengan saksama untuk menjawab soal nomor 1-5!

Si Kucing Putih yang Pemberani

Di sebuah desa yang asri, tinggallah seekor kucing bernama Putih. Bulunya seputih salju dan matanya biru jernih. Putih adalah kucing yang ramah dan suka bermain. Setiap pagi, ia selalu bermain di halaman rumah bersama kupu-kupu dan capung.

Suatu sore, terdengar suara gaduh dari kandang ayam milik Pak Budi, tetangga Putih. Ayam-ayam berkokok ketakutan. Putih yang sedang asyik bermain langsung menoleh. Ia melihat seekor ular besar melingkar hendak memangsa anak ayam. Tanpa ragu, Putih melompat dan mengeluarkan suara geraman. Ular itu terkejut dan mencoba menyerang Putih. Namun, Putih sangat lincah. Ia menghindar dan terus mengejar ular itu keluar dari kandang. Akhirnya, ular itu lari tunggang langgang masuk ke semak-semak.

Pak Budi yang mendengar keributan segera datang. Ia sangat kaget melihat ular yang sudah pergi dan Putih yang berdiri tegak di depan kandang. Pak Budi mengelus kepala Putih dengan penuh rasa bangga dan mengucapkan terima kasih. Sejak saat itu, Putih dikenal sebagai kucing pemberani di desa.

Soal:

  1. Siapakah nama kucing dalam cerita tersebut?
    a. Hitam
    b. Putih
    c. Belang
    d. Abu-abu

  2. Di mana Putih biasa bermain setiap pagi?
    a. Di dalam rumah
    b. Di kandang ayam
    c. Di halaman rumah
    d. Di semak-semak

  3. Apa yang dilakukan Putih saat melihat ular di kandang ayam?
    a. Ia lari ketakutan.
    b. Ia diam saja.
    c. Ia melompat dan mengusir ular.
    d. Ia memanggil Pak Budi.

  4. Bagaimana perasaan Pak Budi kepada Putih setelah kejadian itu?
    a. Marah
    b. Sedih
    c. Bangga dan berterima kasih
    d. Takut

  5. Pesan moral apa yang dapat kita ambil dari cerita "Si Kucing Putih yang Pemberani"?
    a. Kita harus takut pada hewan buas.
    b. Berani membela yang lemah adalah perbuatan terpuji.
    c. Kucing adalah hewan yang penakut.
    d. Kita harus selalu bermain di halaman.

See also  Panduan Lengkap: Cara Mengubah File Word 2013 ke PDF untuk Konsistensi dan Profesionalisme Dokumen Anda

II. Menulis (Menyusun Kalimat dan Paragraf Sederhana)

Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam menyusun kata menjadi kalimat yang padu, serta mengembangkan ide menjadi paragraf sederhana yang runtut.

Soal:

  1. Susunlah kata-kata acak berikut menjadi kalimat yang benar!

    • berkebun – suka – Ayah – sayuran – di – halaman
  2. Lengkapilah kalimat rumpang berikut dengan kata yang tepat!

    • Bunga mawar di taman itu sangat __ dan harum.
  3. Perhatikan gambar berikut! (Bayangkan ada gambar seorang anak perempuan sedang membaca buku di taman)
    Buatlah dua kalimat deskripsi tentang kegiatan anak pada gambar tersebut!
    Kalimat 1: __
    Kalimat 2: __

  4. Susunlah kalimat-kalimat di bawah ini agar menjadi paragraf yang padu!

    • (1) Ia membawa tas sekolah berwarna biru.
    • (2) Dina selalu berangkat sekolah pagi.
    • (3) Setiap hari, Dina belajar dengan giat.
    • (4) Di sekolah, ia bertemu teman-temannya.
  5. Buatlah sebuah paragraf singkat (3-4 kalimat) tentang "Pengalaman Liburan Sekolahku" atau "Hewan Peliharaanku"! (Pilih salah satu tema)

III. Tata Bahasa dan Ejaan (Grammar & Spelling)

Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang struktur kalimat, penggunaan huruf kapital, tanda baca, serta penulisan kata yang benar.

Soal:

  1. Manakah kalimat berikut yang menggunakan huruf kapital dengan benar?
    a. Saya lahir di kota Bandung.
    b. Saya lahir di kota bandung.
    c. Saya lahir di Kota bandung.
    d. Saya Lahir di Kota Bandung.

  2. Kalimat yang tepat untuk mengakhiri sebuah pertanyaan adalah menggunakan tanda baca ….
    a. titik (.)
    b. koma (,)
    c. tanya (?)
    d. seru (!)

  3. Tentukan subjek dan predikat dari kalimat berikut: "Adik sedang bermain bola di lapangan."

    • Subjek: __
    • Predikat: __
  4. Manakah penulisan kata yang benar?
    a. apotik
    b. apotek
    c. aphotek
    d. apotiec

  5. Ubahlah kalimat perintah berikut menjadi kalimat tanya:

    • "Ambilkan buku itu!"
  6. Lengkapilah kalimat berikut dengan imbuhan yang tepat (me- atau ber-):

    • Ayah sedang __(baca) koran di teras.
    • Kakak ___(lari) pagi setiap hari Minggu.

IV. Kosakata (Vocabulary)

Bagian ini menguji pemahaman siswa tentang makna kata, sinonim (persamaan kata), dan antonim (lawan kata).

Soal:

  1. Apa persamaan kata (sinonim) dari kata "ceria"?
    a. Sedih
    b. Gembira
    c. Marah
    d. Bingung

  2. Apa lawan kata (antonim) dari kata "dingin"?
    a. Basah
    b. Hangat
    c. Kering
    d. Panas

  3. Apa arti kata "rajin" dalam kalimat "Dina adalah anak yang rajin belajar"?
    a. Sering malas
    b. Suka bermain
    c. Tekun dan giat
    d. Cepat menyerah

  4. Pilihlah kata yang tepat untuk melengkapi kalimat:
    "Pemandangan di puncak gunung itu sangat ___."
    a. buruk
    b. jelek
    c. indah
    d. kotor

See also  Mengubah Gambar Menjadi Teks yang Dapat Diedit: Panduan Lengkap Konversi JPG ke Word

V. Sastra Sederhana (Puisi/Pantun Anak)

Bagian ini menguji kemampuan siswa dalam memahami tema atau pesan dari sebuah puisi atau pantun sederhana.

Bacalah puisi berikut untuk menjawab soal nomor 21-22!

Sahabatku
Oleh: Ana

Bila kulihat kamu,
Hatiku selalu riang.
Kita berbagi cerita,
Tertawa ria bersama.

Kau selalu ada,
Di suka dan duka.
Sahabat sejati,
Takkan pernah terganti.

Soal:

  1. Tentang apakah puisi di atas?
    a. Keluarga
    b. Hewan peliharaan
    c. Persahabatan
    d. Alam

  2. Apa pesan yang ingin disampaikan penyair melalui puisi tersebut?
    a. Kita harus selalu riang.
    b. Sahabat adalah sosok yang sangat berharga.
    c. Berbagi cerita itu menyenangkan.
    d. Kita harus sering tertawa.

Kunci Jawaban Lengkap dan Penjelasan

I. Membaca Pemahaman

  1. b. Putih (Disebutkan langsung di awal cerita.)
  2. c. Di halaman rumah (Disebutkan: "Setiap pagi, ia selalu bermain di halaman rumah…")
  3. c. Ia melompat dan mengusir ular. (Disebutkan: "…Putih melompat dan mengeluarkan suara geraman. …Ia menghindar dan terus mengejar ular itu keluar dari kandang.")
  4. c. Bangga dan berterima kasih (Disebutkan: "Pak Budi mengelus kepala Putih dengan penuh rasa bangga dan mengucapkan terima kasih.")
  5. b. Berani membela yang lemah adalah perbuatan terpuji. (Putih yang kecil berani melawan ular demi menyelamatkan anak ayam. Ini menunjukkan keberanian dan kepedulian.)

II. Menulis

  1. Ayah suka berkebun sayuran di halaman.
  2. Bunga mawar di taman itu sangat indah dan harum. (Kata lain yang mungkin: cantik, mekar)
  3. Contoh jawaban:
    • Kalimat 1: Seorang anak perempuan sedang membaca buku di taman.
    • Kalimat 2: Ia terlihat sangat asyik dan tenang. (Jawaban bisa bervariasi, fokus pada deskripsi yang akurat.)
  4. Urutan yang benar: (2) Dina selalu berangkat sekolah pagi. (1) Ia membawa tas sekolah berwarna biru. (4) Di sekolah, ia bertemu teman-temannya. (3) Setiap hari, Dina belajar dengan giat.
    (Paragraf utuh: Dina selalu berangkat sekolah pagi. Ia membawa tas sekolah berwarna biru. Di sekolah, ia bertemu teman-temannya. Setiap hari, Dina belajar dengan giat.)
  5. Contoh jawaban (pilih salah satu tema):
    • Pengalaman Liburan Sekolahku:
      Liburan sekolah yang lalu, aku pergi ke pantai bersama keluargaku. Kami bermain pasir dan berenang di laut. Pemandangan matahari terbenam sangat indah. Aku sangat senang dengan liburan kali ini.
    • Hewan Peliharaanku:
      Aku punya seekor kelinci bernama Snowy. Bulunya putih bersih dan sangat lembut. Snowy suka sekali makan wortel dan melompat-lompat. Aku sering mengajaknya bermain di halaman rumah.
See also  Contoh soal bahasa indonesia kelas 4 semester 2 ktsp

III. Tata Bahasa dan Ejaan

  1. a. Saya lahir di kota Bandung. (Nama kota harus diawali huruf kapital.)
  2. c. tanya (?)
    • Subjek: Adik
    • Predikat: sedang bermain bola
  3. b. apotek
  4. Bisakah kamu mengambilkan buku itu? atau Dapatkah kamu mengambilkan buku itu?
    • Ayah sedang membaca koran di teras.
    • Kakak berlari pagi setiap hari Minggu.

IV. Kosakata

  1. b. Gembira
  2. d. Panas (Dingin-hangat adalah sepasang, tapi panas adalah lawan kata yang paling tepat dalam konteks suhu.)
  3. c. Tekun dan giat
  4. c. indah

V. Sastra Sederhana

  1. c. Persahabatan (Puisi ini berulang kali menyebutkan "sahabat" dan menggambarkan hubungan pertemanan.)
  2. b. Sahabat adalah sosok yang sangat berharga. (Puisi ini menekankan bahwa sahabat selalu ada di suka dan duka, serta takkan pernah terganti.)

Tips untuk Belajar dan Mengajar Bahasa Indonesia Kelas 4 SD

Untuk Siswa:

  1. Membaca Itu Penting: Bacalah buku cerita, koran anak-anak, atau majalah. Semakin banyak membaca, semakin banyak kosakata yang kamu tahu dan semakin mudah kamu memahami berbagai jenis teks.
  2. Berani Menulis: Jangan takut salah saat menulis. Mulailah dengan menulis cerita pendek, pengalamanmu, atau mendeskripsikan sesuatu. Semakin sering berlatih, tulisanmu akan semakin baik.
  3. Perhatikan Kata-kata Baru: Jika menemukan kata yang tidak tahu artinya, tanyakan pada guru atau orang tua, atau cari di kamus. Catat kata-kata baru tersebut.
  4. Latihan Soal: Sering-seringlah mengerjakan latihan soal seperti contoh di atas. Ini akan membantumu terbiasa dengan berbagai bentuk pertanyaan.
  5. Bertanya: Jika ada materi yang tidak kamu pahami, jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau orang tua.

Untuk Orang Tua dan Guru:

  1. Ciptakan Lingkungan Membaca: Sediakan buku-buku yang menarik dan sesuai usia di rumah atau di kelas. Jadikan kegiatan membaca sebagai kebiasaan yang menyenangkan.
  2. Ajak Berdiskusi: Setelah membaca sebuah cerita, ajak siswa berdiskusi tentang isi cerita, tokoh, atau pesan moralnya. Ini melatih kemampuan berpikir kritis dan berbicara.
  3. Koreksi dengan Konstruktif: Saat mengoreksi tulisan siswa, berikan masukan yang membangun. Fokus pada perbaikan daripada hanya menemukan kesalahan.
  4. Gunakan Permainan: Buatlah belajar Bahasa Indonesia menjadi lebih menyenangkan dengan permainan kata, tebak-tebakan, atau kegiatan bercerita.
  5. Fokus pada Pemahaman Konsep: Daripada hanya menghafal aturan, pastikan siswa memahami mengapa suatu aturan tata bahasa itu penting dan bagaimana menggunakannya dalam konteks nyata.

Penutup

Penguasaan Bahasa Indonesia yang baik adalah investasi jangka panjang bagi masa depan anak. Dengan latihan yang konsisten, dukungan dari lingkungan belajar, dan metode yang tepat, siswa kelas 4 SD dapat membangun fondasi yang kuat dalam berbahasa. Contoh soal dan kunci jawaban ini diharapkan dapat menjadi salah satu alat yang efektif dalam perjalanan belajar tersebut. Mari terus semangat mengasah kemampuan berbahasa kita!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Search

Popular Posts

  • Download soal ukk budaya banyumas kelas 3 sd
    Download soal ukk budaya banyumas kelas 3 sd

    Mempersiapkan Generasi Penerus: Panduan Lengkap Download Soal UKK Budaya Banyumas Kelas 3 SD Budaya Banyumas, dengan kekayaan tradisi, kesenian, dan kearifan lokalnya, merupakan aset berharga yang perlu ditanamkan sejak dini kepada generasi penerus. Sekolah Dasar (SD) memegang peranan krusial dalam memperkenalkan dan menanamkan pemahaman tentang kekayaan budaya ini kepada para siswa. Salah satu momen penting…

  • Download soal ukk bhs inggris kelas kls 3
    Download soal ukk bhs inggris kelas kls 3

    Latihan Efektif untuk Sukses: Panduan Lengkap Mengunduh Soal UKK Bahasa Inggris Kelas 3 SD Ujian Kenaikan Kelas (UKK) merupakan momen penting dalam perjalanan pendidikan setiap siswa. Bagi siswa Kelas 3 Sekolah Dasar (SD), UKK Bahasa Inggris menjadi tolok ukur sejauh mana mereka telah memahami dan menguasai materi yang diajarkan selama satu tahun ajaran. Mempersiapkan diri…

  • Download soal ukk bhs daerah kelas kls 3
    Download soal ukk bhs daerah kelas kls 3

    Bekal Penting Menjelang UKK: Download Soal UKK Bahasa Daerah Kelas 3 dan Strategi Jitu Meraih Nilai Sempurna Ujian Kenaikan Kelas (UKK) merupakan momen krusial bagi setiap siswa untuk menunjukkan sejauh mana pemahaman dan penguasaan materi pelajaran selama satu tahun ajaran. Salah satu mata pelajaran yang seringkali menjadi perhatian khusus, terutama di daerah yang kaya akan…

Categories

Tags